Warta DaerahWarta Utama

Akhirnya, Kelistrikan Di Pulau Bangka Kembali Normal

Pangkalpinang — Pasokan kelistrikan di Pulau Bangka telah kembali normal. Dari pantauan sistem pukul 01:23 WIB Minggu 26 Maret dini hari seluruh penyulang beroperasi dengan beban 156 Megawatt (MW), Minggu 26 Maret 2023. 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung Ajrun Karim menjelaskan, dalam penyelesaian tower emergency ini, PLN menerjunkan ratusan personel gabungan dari Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera, UIW Babel, Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (UID S2JB) dan Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (UIP SBS), PLN selama 24 jam dalam waktu 5 hari. 

PT PLN (Persero) memastikan pasokan kelistrikan Pulau Bangka kembali normal 100 persen dengan berhasil menyelesaikan pekerjaan tower emergency pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt (kV) Kenten- Tanjung Api-api pada Minggu (26/03/2023) dinihari.

Ajrun pun menyampaikan dengan selesainya pekerjaan pemasangan tower emergency ini maka menandai telah sinkronnya sistem kelistrikan Pulau Bangka dengan sistem kelistrikan Sumatera. 

Sebab, beban kelistrikan di Pulau Bangka hampir setengah kebutuhannya bergantung kepada sistem interkoneksi Sumatera-Bangka atau sebesar 20-36 MW pada siang hari dan beban puncak 50-70 MW pada malam hari.

“Pembangunan tower emergency ini sebagai langkah cepat PLN menormalkan kembali kelistrikan di Pulau Bangka melalui pasokan dari Pulau Sumatera,” ujar Ajrun.

Penyelesaian tower emergency ini dilakukan lebih cepat yakni dalam waktu lima hari dibanding estimasi waktu yang ditargetkan sebelumnya.

Ajrun pun sangat bersyukur proses penormalan kelistrikan bisa normal lebih cepat sehingga masyarakat Bangka segera dapat menikmati listrik normal kembali. Meskipun melalui berbagai tantangan di lapangan kata Ajrun, tim recovery yang bertugas harus melalui berbagai di lapangan seperti cuaca, medan lokasi dan kondisi bulan Puasa, tetapi kendala ini bisa lapangan seperti cuaca, medan lokasi dan kondisi bulan Puasa, tetapi kendala ini bisa dihadapi tim recovery Tower Emergency Restoration System (ERS).

PLN mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung dan bahu membahu memulihkan kelistrikan untuk Pulau Bangka.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah mendukung dan memberikan energi positif untuk menuntaskan penormalan ini,” kata Ajrun.(****) 

Sumber : BE 

Editor : LH 

Sign up for a newsletter today!

Want the best of NewsyFeed Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

No Content Available