Warta Oto & TechnoWarta Utama

Gaess, Ini Loh Orang Yang Pertama kali Melakukan Panggilan Telepon Seluler Di Handphone Genggam

Pangkalpinang — Banyak warganet mungkin belum memperhatikan, siapa penemu telepon seluler pertama di dunia. Atau siapa orang yang pertama kali melakukan panggilan telepon pertama kali di depan umum. Adalah Martin Cooper, seorang insinyur yang dikenal sebagai penemu ponsel genggam pertama di dunia. Ia memperkirakan kemajuan yang dicapai dalam 40 tahun setelah peluncuran pertama ponsel hanyalah puncak gunung es dalam hal dampak sektor perangkat terhadap kehidupan manusia, Rabu 23 Maret 2023. 

Di MWC23 baru-baru ini, Cooper memberi tahu Mobile World Live bahwa ada banyak ruang bagi sektor selular untuk terus berkembang, mengingat sejarah revolusi dan evolusi. Motorola DynaTAC 8000x yang direkayasa oleh Cooper, dapat dibandingkan dengan iPhone asli dalam hal merevolusi pasar ponsel.

Dia mencatat perangkat itu sangat mahal, $4.000, dan biaya panggilan $0,50 per menit, tetapi menyoroti kemampuan mendasar untuk memungkinkan orang berkomunikasi adalah “masih hal terpenting” yang dilakukan ponsel. “Mereka menghubungkan orang dan meningkatkan kolaborasi. Mereka adalah lem dan minyak yang membuat industri bekerja”.

Cooper berargumen bahwa perkembangan teknologi seluler “tidak dapat diprediksi”, mengutip telepon kamera dan internet sebagai contoh, tetapi menyatakan keyakinan bahwa industri seluler dan sekitarnya menyediakan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat, “merevolusi sistem pendidikan” dan perawatan kesehatan. 

“Semua hal itu mulai terjadi sekarang, dan itu adalah hal nyata yang telah dilakukan ponsel”. Insinyur tersebut juga memiliki suara yang berpengaruh dalam manajemen spektrum radio, memelopori hukum Cooper yang mencakup aturan kapasitas transmisi suara dan data. 

Namun dia berpendapat evolusi teknologi sebagian besar tidak ada gunanya “kecuali itu membuat hidup orang lebih baik”. 

Untuk diketahui, Martin Cooper (lahir 26 Desember 1928) adalah seorang insinyur Amerika. Dia adalah pelopor dalam industri komunikasi nirkabel, khususnya manajemen spektrum radio, dengan sebelas paten di bidang tersebut. 

Pada 3 April 1973, Cooper melakukan panggilan publik pertama dari ponsel portabel genggam di Motorola. Cooper membuat ulang ponsel genggam pertama (berbeda dari telepon mobil) pada 1973 dan memimpin tim yang mengembangkannya kembali dan membawanya ke pasar pada tahun 1983. 

Ia dianggap sebagai “bapak ponsel” dan juga disebut-sebut sebagai orang pertama dalam sejarah yang melakukan panggilan telepon genggam di depan umum, yaitu pada 1973. Cooper adalah salah satu pendiri berbagai perusahaan komunikasi bersama istri dan mitra bisnisnya Arlene Harris. 

Dia adalah salah satu pendiri dan Ketua Dyna LLC saat ini, di Del Mar, California. Cooper juga duduk di komite yang mendukung Komisi Komunikasi Federal AS dan Departemen Perdagangan Amerika Serikat. 

Pada 2010, Cooper terpilih sebagai anggota National Academy of Engineering untuk kepemimpinan dalam pembuatan dan penerapan telepon genggam portabel selular. (***) 

sumber : SELULARID

Sign up for a newsletter today!

Want the best of NewsyFeed Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

No Content Available