Warta Daerah

Malam Ini Kelistrikan Bangka Belitung Terganggu, Aliran Listrik Tidak Stabil Berpotensi Pensiunkan Alat Rumah Tangga

Anak Sekolah Terancam Kesiangan Karena Tidur Tak Nyaman

Pangkalpinang —- Dalam Pasal 68 UU Ketenagalistrikan disebutkan kewajiban perusahaan plat merah PLN untuk menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum dan sekaligus memupuk keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan. Yang menurut pemahaman sebagian besar pelanggan justru bait kedua kalimat Pasal 68 tadi yang sudah berjalan dengan sempurna, Selasa 21 Maret 2023. 

Artinya adalah, untuk penyediaan ketenagalistrikan untuk umum yang dilakukan secara profesional, modern juga akuntabilitas masih dekat dengan suara pro dan kontra. Dengan kata lain, belum bisa disebut sepenuhnya berhasil.

Seperti yang terjadi di Pulau Bangka, Provinsi Kep Bangka Belitung mulai Senin malam 21.10 wib sampai dini hari pukul 04.49 wib. Aliran listrik sudah seperti listrik kurang tenaga saja. Sebentar menyala, mendadak lagi enak- enaknya mengerjakan deadline tugas kantor misalnya. Pett, ruangan sontak gelap gulita. Tersandung dan kopi meja tumpah jadi hiasan dini hari tadi. 

Bidang Humas PLN Kantor Wilayah Provinsi Kep Bangka Belitung pun tidak menampik adanya gangguan pada jalur transmisi Tanjung Api-api – Kenten yang berakibat sistem transmisi kabel laut line 1 dan 2  lepas interkoneksi maka saat ini terjadi padam sementara di Pulau Bangka.

Baca juga : BREAKING NEWS

Tepat jam 04.23 wib tadi, PT PLN (Persero) mengirimkan press release bernomor 017.PR/STH.00.01/ UIW.BABEL/II/2023 pada whatsapp redaksi mengingat sekejap kemudian dua kali laptop di meja kantor redaksi seperti di tes nyali, apakah rusak atau masih layak untuk digunakan terus keesokan harinya. Karena aliran listrik ternyata tidak stabil karena gangguan jalur transmisi Kenten – Tanjung Api-api Sumatera Selatan. Belum lagi waktu istirahat anak sekolah diprediksi di beberapa wilayah tidak nyenyak tidurnya, selain suasana gerah tanpa ac atau kipas angin, serbuan nyamuk jadi menu yang bikin tidur uring-uringan.

“PT PLN bergerak cepat memulihkan kelistrikan di Pulau Bangka yang mengalami gangguan pada jalur transmisi Kenten – Tanjung Api-api Sumatera Selatan sehingga memutus aliran listrik kabel laut dari Sumatera ke Pulau Bangka,” sebut rilis tersebut. 

PT PLN (Persero) langsung mengoperasikan mesin pembangkit secara terpisah (Island System) dari sistem Sumatera untuk meminimalisir dampak padam yang terjadi pada pukul 20.56 WIB.

Hasil penelusuran petugas di lapangan, melaporkan adanya beberapa tower transmisi yang roboh di jalur Kenten – Tanjung Api-api Sumatera Selatan.

PLN UIW Bangka Belitung dan UIP3B Sumatera langsung menurunkan ratusan petugas untuk bisa memulihkan kelistrikan di Pulau Bangka dan di jalur transmisi Sumatera Selatan. 

Hingga pukul 22.15 WIB sudah menyala 55% pelanggan atau 220.000 pelanggan dari total 400.000 pelanggan yang ada di Pulau Bangka. Hingga berita ini diturunkan, petugas PLN masih berjibaku di lapangan untuk terus menormalkan kelistrikan.

PLN terus berkoordinasi dengan stakeholder dan seluruh masyarakat untuk menginformasikan progress pemulihan sistem ketenagalistrikan di Pulau Bangka. 

Putusnya pasokan listrik dari Sumatera mengakibatkan kondisi defisit daya di Pulau Bangka. Diperkirakan untuk beberapa waktu kedepan akan diterapkan pemadaman bergilir di Pulau Bangka sampai dengan selesainya perbaikan tower di Sumatera Selatan. Untuk itu, PLN UIW Babel menghimbau pelanggan untuk dapat melakukan pengurangan pemakaian listrik sebanyak 30 persen untuk mengurangi pemadaman bergilir. (***) 

Editor : LH 

Sign up for a newsletter today!

Want the best of NewsyFeed Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

No Content Available