Warta DaerahWarta Utama

Saling Bantah Dalam Kasus PHK Karyawan Indomaret, Disnaker Babel : Itu Trik Mereka, Kesepakatan Bipartit Belum Terjadi 

Deception (n) : the act of causing someone to accept as true or valid what is false or invalid : the act of deceiving.

Pangkalpinang warta-one.com  —- Ketika seseorang diwawancara maka ada 4 (empat) pilihan yang akan dilakukan oleh yang bersangkutan, yaitu :Berbohong (deception); Mengelak atau menghindar (evasion); Mengakui secara tersamar (omission), atau Menceritakan apa adanya (truth), Rabu 4 Januari 2023. 

Menurut Dictionary Merriam-Webster, desepsi adalah “Sebuah tindakan yang membuat seseorang percaya tentang sesuatu yang tidak benar; tindakan menipu seseorang” atau “Suatu tindakan atau pernyataan yang dimaksudkan untuk membuat orang lain percaya tentang sesuatu yang tidak sepenuhnya benar,” kutipan dictionary tersebut. 

Sementara itu, berita sebelumnya yang mengatakan bahwa manajemen PT Indomarco sudah mencapai kesepakatan terkait kasus PHK secara sepihak yang menimpa pekerja tetap gerai Indomaret cabang Selindung. Rabu pagi tadi mendapat bantahan dari pihak yang memfasilitasi yakni Disnaker Pemprov Babel. 

“Belum, belum terjadi kesepakatan antara perusahaan dan pekerja,” singkat Sub Koordinator Mediator Hubungan Industrial dan jaminan sosial Disnaker Prov kep.Babel Syawaludin SH via sambungan ponsel. 

Kata Sekretaris Dinas, pihaknya merasa janggal sekaligus heran ketika membaca berita sebelumnya yang memuat keterangan seorang staff PT Indomarco perihal sudah terjadinya kesepakatan antara pekerja dan perusahaan. 

“Kami kan ada disana sebagai pihak yang memfasilitasi. Dan kalau menyangkut tanda tangan berita acara memang ada, tapi kalau dibaca isinya, jelas tertulis di bagian bawah paragraf bahwa masih menunggu keputusan dari HRD Manajer perusahaan mereka,” sambung dia. 

Konfirmasi terpisah pada pekerja, Dw pun membuktikan bahwa fakta yang tertulis dalam surat tersebut memang jelas disebutkan bahwa “Belum terjadi kesepakatan segera koordinasi dengan pihak HRD Manager”.

Selain itu, Dw juga mengungkapkan peristiwa sebelumnya yang dalam wawancara pertama masih belum dibuka secara detail oleh dirinya. ” Pak Rd beberapa kali berkata kasar kepada anak toko, seperti pernah mengajak anak toko berkelahi secara fisik. Bahkan pernah berkata “mau pukul” ke saya sendiri. Sering bilang kata-kata “bodoh, tak tonjok kamu, dll” yang bersifat kasar,” ungkap Dw dalam pesan tertulis. 

Dengan begitu, deception yang kemarin dipraktekan oleh seorang staff PT Indomarco bisa jadi malah akan menambah runyam masalah kasus PHK tadi. Selain memberikan fakta yang tidak sebenarnya, silang sengkarut pendapat tiga pihak diprediksi semakin meruncing. 

“Sepengetahuan saya ini salah satu trik mereka dalam menghadapi masalah seperti ini, saya bisa menilai dari penghargaan soal waktu mereka diundang saja sudah terkesan mengulur-ulur. Padahal kami kan sebagai pihak yang ditunjuk oleh negara sebagai yang mengurusi masalah tenaga kerja,” imbuh  Sub Koordinator Mediator Hubungan Industrial dan jaminan sosial Disnaker Prov kep.Babel Syawaludin SH.

Sebelumnya diberitakan, seorang karyawan Indomaret gerai Greenland Selindung, berinisial Dw, berdasarkan hasil wawancara, jadi korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) non prosedural oleh management PT Indomarco Prismatama. (LH) 

Sign up for a newsletter today!

Want the best of NewsyFeed Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

No Content Available