BeritaWarta HukumWarta Utama

Syarat KerjaSama antara Developer dengan Pihak Bank Kreditur dan  Cara Menjadi Developer Perumahan.

Dan berbagai perizinan lain yang dipersyaratkan oleh bank yang akan diajak kerja sama. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan sejumlah surat rekomendasi yakni:

1. Rekomendasi dari Masyarakat Setempat dan Pihak Berwenang

Rekemendasi dari masyarakat setempat pada dasarnya adalah izin atau rekomendasi yang diperlukan sejak tahap awal proyek. Jika Anda tidak memiliki rekomendasi dari penduduk sekitar, maka Anda juga tidak bisa melakukan pengurusan izin lainnya. 

2. Rekomendasi dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup)

Surat rekomendasi berikutnya yang harus Anda siapkan adalah rekomendasi dari Dinas Lingkungan hidup terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan (SPPL) dan Upaya Pengelolaan atau Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL/UPL).

3. Rekomendasi dari Dinas Pertanian

Surat rekomendasi dari Dinas Pertanian berguna untuk menunjukkan bahwa lokasi proyek bukan termasuk sawah atau LSD (Lahan Sawah Dilindungi) dan LP2BD (Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan).

4. Rekomendasi dari Dinas Pemakaman

Untuk bisa mendapatkan surat rekomendasi dinas pemakaman, developer harus menyetujui bahwa ada tanah cadangan sebesar 2% dari luas lahan proyek yang disediakan untuk pemakaman.

5. Rekomendasi dari Dinas Pemadam Kebakaran

Rekomendasi ini berfungsi untuk memastikan bahwa proses pembangunan proyek tidak bertentangan dengan kaidah pemadam kebakaran.

6. Rekomendasi dari Dinas Perhubungan

Proyek harus memperoleh rekomendasi dari Dishub terkait Analisis Dampak Lalu Lintas atau Andalalin dan Rekomendasi Penerangan Jalan Umum (LJU). Ini bertujuan untuk memastikan bahwa proyek tidak berdampak buruk pada kondisi lalu lintas di sekelilingnya. Sementara PJU berguna untuk memastikan bahwa penerangan proyek memenuhi syarat.

Siapkan Brosur dan Pricelist

Syarat berikutnya dalam cara kerja sama dengan bank untuk bisnis properti adalah dengan menyiapkan brosur properti yang akan dijual lengkap dengan daftar harganya. Dari sini, pihak bank bisa memperkirakan nilai proyek properti dan prospeknya.

Itulah berbagai cara kerja sama dengan bank untuk bisnis properti yang bisa Anda lakukan. Persyaratan setiap bank mungkin berbeda-beda. Karena itu, pastikan Anda melengkapi semua berkas yang diminta agar kerja sama bisa berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.

Menjadi seorang developer rumah subsidi bisa jadi salah satu cara untuk meraup keuntungan. Namun, untuk melakukannya, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Cara menjadi developer perumahan subsidi tentu memiliki aturan tersendiri.

1 2 3

Sign up for a newsletter today!

Want the best of NewsyFeed Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

No Content Available