BeritaWarta SejarahWarta Utama

Hebat!!!Ka.SatKer PJN Wilayah II Babel Melupakan Salah Satu dari Cagar Budaya Kota Pangkalpinang

Patok Nol KM adalah Ciri Kota Maju dan Bersejarah

WARTA-ONE.COM,PANGKALPINANG – Tapal Batas Nol KM Pangkalpinang Termasuk Salah Satu Cagar Budaya yang Semestinya di rawat dan di jaga bukan malah di hilangkan,ini lah salah satu tanda bukti dari peninggalan sejarah yang telah lama terpasang.

Cagar Budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan yang berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya, situs cagar budaya, dan kawasan cagar budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.

Pembangunan Jalur Pedestrian(trotoar) oleh pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) dalam pengerjaan jalur trotoar Jln.Jend.Sudirman Kota Pangkalpinang di kerjakan oleh CV.Indah Karya Sentosa dan patok  nol KM tersebut dengan sengaja di lepas atau di cabut sehingga patok nol KM yang merupakan salah satu Cagar Budaya yang ada di Kota Pankalpinang hilang dan sampai sekarang(Sabtu 17/02/2023),nampak belum juga di temukan.

Namun Seharusnya setelah pembangunan jalur pedestrian(trotoar) selesai patok tersebut harus lah dipasang kembali ditempatnya semula,Dalam perihal ini kewenangan ada di BPJN Mengingat jalan tersebut memang Jalan Nasional.

Seharusnya tanda bukti akan sejarah harus di jaga dan di rawat karena menjadi penanda perkembangan kota,patok nol kilometer harus dilindungi, sebagai ciri Kota maju dan bersejarah,patok nol km menjadi penting tentang alur perkembangan satu kota.

Banyak kota-kota yang kehilangan dimana patok 0 km kotanya sehingga sulit untuk menentukannya,sementara patok nol kilometer kota pangkalpinang justru  sengaja dihilangkan dengan alasan pembangunan trotoar,sangat disayangkan sekali Meskipun sudah ada monumen titik 0 kilometer di dekat lokasi patok 0 kilometer.

1 2 3

Sign up for a newsletter today!

Want the best of NewsyFeed Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

No Content Available